Istilah Kapal Boat

Posted on 02/08/2011 by admin

Apa itu istilah kapal boat? Mengapa ada paduan dua kata yang artinya hampir sama yaitu ‘kapal’ dan ‘boat’? Apa perbedaan antara ‘kapal’ dan ‘boat’?

Dalam penggunaan istilah kapal boat ini, kami di BIDC telah melakukan pemikiran-pemikiran untuk menemukan istilah yang tepat dalam Bahasa Indonesia untuk istilah boat yang ada di dalam Bahasa Inggris.

Merujuk kepada sumber-sumber di bawah untuk istilah ‘boat’ dan ‘ship’ dalam Bahasa Inggris, maka ditemukan :

  • Boat (www.merriam-webster.com/dictionary/boat) : a) A small vessel for travel on water. b) Ship
  • Boat (www.thefreedictionary.com/boat) : a) A relatively small, usually open craft of a size that might be carried aboard a ship. b) An inland vessel of any size. c) A ship or submarine.
  • Ship (www.merriam-webster.com/dictionary/ship) : a) A large seagoing vessel.; b) A sailing vessel having a bow sprit and usually three masts each composed of a lower mast, a top mast, and a top gallant mast.
  • Ship (www.thefreedictionary.com/ship) a) Vessel of considerable size for deep-water navigation. b) A sailing vessel having three or more square-rigged masts.

Dapat dilihat bahwa istilah ‘ship’ seringkali dikaitkan dengan kendaraan air dengan ukuran yang relatif besar dan beroperasi di laut lepas atau laut dalam.

Sedangkan dalam Bahasa Indonesia, kami menemukan istilah-istilah sbb:

Dalam penggunaan sehari-hari dalam Bahasa Inggris, kata ‘boat’ lebih dikonotasikan dengan kapal yang berukuran relatif kecil. Seberapa kecil? Istilah ‘kecil’ ini adalah istilah yang bersifat relatif. Namun penggunaan antara kata ‘ship’ dan ‘boat’ sangatlah terasa perbedaannya untuk membedakan ukuran kapal yang relatif besar dan yang kecil.

Contoh penggunaan istilah ship, boat dan kapal bisa dilihat pada jenis kapal tunda. Dalam Bahasa Indonesia kapal tunda disebut sebagai kapal, namun dalam Bahasa Inggris, kapal tunda disebut tug boat dan bukan tug ship. Mengapa? Karena pada umumnya kapal tunda adalah berukuran relatif kecil (panjang kira-kira < 40 m).

Untuk itu, kami di BIDC mencoba menggunakan istilah Kapal Boat untuk mendefinisikan kapal dengan ukuran yang relatif kecil dalam Bahasa Indonesia.

This entry was posted in Teknis Kapal Boat, Umum and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*