Kelaiklautan (Layak Laut)

Posted on 25/03/2015 by alie91

Kelaiklautan kapal adalah keadaan kapal yang memenuhi persyaratan keselamatan kapal, pencegahan pencemaran perairan dari kapal, pengawakan, pemuatan, kesehatan dan kesejahteraan awak kapal.

Kelaiklautan kapal merupakan hal yang sangat penting dalam rangka pemenuhan pelayanan yang handal dan aman selama suatu kapal melakukan pelayarang baik  itu nasional maupun internasional.

Kelaiklautan kapal di atur di dalam undang – undang no 21 tahun 1992 tentang pelayaran

Pengadaan, pembangunan, dan pengerjaan kapal termasuk perlengkapannya wajib memenuhi persyaratan keselamatan kapal. Keselamatan kapal ditentukan melalui pemeriksaan dan pengujian. Kapal yang dinyatakan memenuhi persyaratan keselamatan kapal diberikan sertifikat keselamatan kapal oleh Pemerintah.

Setiap kapal yang telah memperoleh sertifikat, wajib dipelihara sehingga tetap memenuhi persyaratan keselamatan kapal.

Setiap kapal yang beroperasi di daerah pelayaran sebagaimana wajib memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal sesuai dengan daerah pelayarannya.

Setiap kapal yang memasuki pelabuhan dan selama berada di pelabuhan wajib mematuhi peraturan-peraturan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran lalu lintas kapal di pelabuhan, yang pengawasannya dilakukan oleh syahbandar.

Setiap kapal yang akan berlayar wajib memiliki Surat Izin Berlayar yang dikeluarkan oleh syahbandar setelah memenuhi persyaratan kelaiklautan kapal.

Bagi Anda pemilik kapal atau mempunyai bisnis dibidang pengangkutan barang / cargo, jangan lupa untuk memberikan perlindungan dengan asuransi pengangkutan agar apapun peristiwa yang terjadi di lautan lepas dapat diberikan penggantian apabila terjadi kerugian. Asuransi ACA menyediakan perlindungan asuransi marine hull dan marine cargo bagi Anda. Untuk informasi lebih lanjut hubungi Sdri. Gaby Yong di nomor 0856 7177306 atau Sdri Sharon di nomor 0821 98207682. atau www.mitraca.com , www.asuransimarineindo.com

This entry was posted in Asuransi Kapal Boat, Bisnis Kapal Boat, Industri Kapal Boat (dan Yacht), Kegiatan Maritim Kapal Boat, Kelaiklautan Kapal Boat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*