Jenis Kapal Boat

Posted on 18/10/2011 by Nino Krisnan

Kalau bicara mengenai jenis kapal boat, maka kita bisa menyebut macam-macam istilah untuk jenis kapal boat. Reaksi orang jika hendak menetukan jenis kapal adalah seperti contoh di bawah ini:

  • Ada yang akan mengatakan bahwa “Itu kapal layar.”.
  • Yang lain akan mengatakan “Itu kapal fiberglass.”
  • Ada juga yang mengatakan “Itu kapal ikan.”
  • Terkadang ada yang mneyebutkan “Itu kapal speed boat.”

 

Yang mana yang benar? Untuk menjawabnya, kita harus lihat jenis kapal dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Sudut pandang itulah yang akan menentukan jenis dari suatu kapal boat. Sebagai penjelasannya, di bawah ini adalah berbagai jenis kapal boat menurut dari mana kita melihatnya :

  • Menurut bahan lambung kapal : baja, aluminium, fiberglass, kayu, dll.
  • Menurut tenaga penggerak : mesin, layar, layar-motor
  • Menurut kecepatan lambung : kapal cepat/speed boat, kapal semi displasemen/semi displacement boat, kapal displasemen/displacement boat)
  • Menurut jumlah lambung : lambung tunggal, lambung ganda, lambung multi
  • Menurut fungsi operasional : kapal ikan, kapal penumpang, kapal barang, kapal patroli, pesiar, dll.
  • Menurut kepemilikan : kapal pemerintah, kapal perusahaan, kapal organisasi non-pemerintah, kapal pribadi, dll.
  • Menurut metode konstruksi : kapal tradisional, kapal non-tradisional.

 

Jadi kalau kita melihat kapal sesuai foto-foto dibawah ini maka dari data sesuai dengan apa yang bisa kita lihat kita bisa menyimpulkan bahwa kapal ini adalah :

Kapal di foto di atas dengan judul “Wooden Boat” karya Suat Eman ini adalah kapal kayu layar lambung tunggal dengan lambung kapal displasemen.

Kapal di foto di atas dengan judul “Pilot Boat” karya Bill Longshaw ini adalah kapal boat pandu dengan kecepatan displasemen

Kapal di foto di atas dengan judul “Fishing Boats At Seahouses” karya Tom Curtis ini adalah kapal boat kayu ikan motor lambung tunggal

Kapal di foto di atas dengan judul “Powerboat Races” karya Liz Noffsinger ini adalah kapal boat cepat motor lambung tunggal.

Kalau secara luas, ada baiknya kita kelompokan kategori kapal (kapal dan kapal boat) menurut kaitannya dengan aturan internasional dan kegiatan maritim dimana kapal tersebut bertugas sesuai tabel di bawah ini :

No.

Kapal Konvensi

Kapal Non Konvensi

Keterangan

1.

Angkutan Penumpang

kapal penumpang
2.

Angkutan Barang atau  Hewan

kapal barang/general cargo, tanker, bulk carrier, container carrier, dll.
3.

Eksplorasi Sumber Daya Alam

kapal survey, kapal riset, dll.
4.

Eksploitasi Sumber Daya Alam

supply vessel, drilling vessel, dll.
5.

Keamanan dan Pertahanan

kapal patroli, kapal perang, dll.
6.

Kesehatan dan Keselamatan

RS/puskesmas terapung, kapal SAR, dll.
7.

Olah Raga, Wisata dan Pesiar

kapal olah raga, pesiar, dan yacht
8.

Lain-lain

Yang tidak termasuk diantara kategori kegiatan No. 1 s/d 7.

Masing-masing jenis kapal mempunyai sifat yang berbeda baik dari segi desain (perencanaan dan perancangan), pembangunan dan pengoperasiannya. Kapal boat apa yang cocok untuk keperluan kita? Pertanyaan ini harus dijawab dengan melakukan suatu proses perencanaan (lihat tulisan “Proses Rencana-Rancang-Bangun Kapal Boat” di Boat Indonesia) yang kemudian dikuti oleh proses perancangan, pembangunan dan juga pengoperasian kapal boat tersebut.

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Silakan jika ada pertanyaan untuk kita diskusikan bersama.

About Nino Krisnan

Seorang perancang kapal boat dan yacht yang ingin menjadikan Indonesia menjadi pusat dan barometer industri kapal boat dan kapal boat pesiar (yacht) baik secara global dan regional.
This entry was posted in Bahan Konstruksi Kapal Boat, Pembangunan Kapal Boat, Perancangan Kapal Boat (Desain), Perencanaan Kapal Boat (FS), Teknis Kapal Boat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>